Cara Unroot dan mengembalikan Recovery Asli Zenfone Max

Bagaimanakah caranya melakukan unroot dan mengembalikan Stock Recovery atau recovery asli pada Zenfone Max ? Setelah beberapa hari yang lalu kita telah belajar dan praktek mengenai cara melakukan Root dan memasang TWRP (Custom Recovery) pada smartphone Asus Zenfone Max, kini kita akan belajar cara mengembalikan smartphone kita seperti pada awal membeli baru yang masih terpasang recovery asli dan OS Android asli bawaan.

Pada tutorial yang sebelumnya, wd-kira telah memberikan tutorial dua buah tutorial yang berisi cara melakukan root pada Zenfone Max, yaitu :


Mengapa wd-kira menjadikan tutorial tersebut menjadi dua posting ? Jawabanya adalah karena memang cara untuk melakukan Root pada Zenfone Max Lillipop dan Marshmallow memiliki langkah-langkah dan cara yang berbeda.

Lalu, apakah cara untuk Unroot dan Mengembalikan Stock Recovery (Recovery Asli) juga berbeda ? jawabanya adalah tidak. Karena untuk melakukan unroot dan mengembalikan recovery asli pada Lillipop dan Marshmallow adalah sama. Oleh karena itu, apapun Versi android yang kalian gunakan pada Zenfone Max kalian, baik itu android Lollipop ataupun android marshmallow, kalian bisa mengikuti tutorial ini untuk mengembalikan recovery asli.
How to unroot and back to stock recovery zenfone max, android lollipop, android marshmallow, cara mengembalikan recovery asli zenfone max, root dan unroot zenfone max

Perlu diketahui, bahwasanya untuk mengembalikan Recovery asli, kita akan melakukanya dengan cara flashing Recovery asli dengan menggunakan metode Fastboot, jadi kita tetap membutuhkan laptop atau computer. Jadi silahkan sobat wd-kira siapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan ? silahkan simak daftarnya dibawah ini.

Alat dan bahan untuk unroot dan mengembalikan recovery asli (Stock Recovery) Zenfone Max

1. Laptop atau computer (Minimal Windows 7)
2. Kabel data original
3. Adb Driver Installer (Untuk Komputer)
4. Adb Fastboot
5. Stock Recovery Zenfone Max

Setelah alat dan bahan telah terkumpul semua, silahkan install file Adb driver installer pada computer (saat proses install, Smartphone Zenfone Max harus terhubung ke Laptop dengan kabel data)

[Tahap Pertama] Proses Unroot


  • Silahkan buka aplikasi SuperSU yang ada pada smartphone Asus Zenfone Max milik kamu.
  • Pilih pada tab Settings, lalu pilih Full Unroot

How to unroot and back to stock recovery zenfone max, android lollipop, android marshmallow, cara mengembalikan recovery asli zenfone max, root dan unroot zenfone max

Sampai tahap ini Smartphone kamu telah berhasil Unroot dan akses root pada smartphone kamu telah berhasil dicabut.
Selanjutnya, mari kita masuk ke tahap untuk mengembalikan Recovery Asli dengan cara mengganti TWRP dengan Stock Recovery

[Tahap Kedua] Mengembalikan Recovery Asli Zenfone Max 


  • Langkah pertama, Buat smartphone kamu masuk mode CSC dengan cara : Matikan smartphone, kemudian tekan dan tahan tombol volume up lalu tekan dan tahan juga tombol power hingga smartphone menampilkan logo asus yang bertulisakan CSC Mode
  • Langkah ke Dua, Silahkan Extract file ADB Fastboot yang telah kamu download tadi 
  • Langkah ke Tiga, pindahkan file Stock Recovery kedalam folder ADB Fastboot
  • Langkah ke Empat, Tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard computer, kemudian klik kanan pada folder ADB Fastboot, lalu pilih Open Command Window Here, sehingga muncul halaman CMD
  • Langkah ke Lima, Pada halaman CMD tadi, silahkan ketik Perintah fastboot flash recovery stock_recovery.img lalu tekan tombol enter pada keyboard laptop/Komputer.
  • Setelah proses selesai, silahkan restart smartphone kamu

Untuk membuktikan atau memastikan bahwasanya TWRP telah terganti dengan Stock Recovery, silahkan coba masuk ke Recovery Mode dengan cara : Matikan smartphone kamu, kemu dian nyalakan kembali dengan cara tekan dan tahan tombol volume down, lalu tekan dan tahan juga pada tombol power. Jika kamu masuk ke recovery Asli atau Stock Recovery, maka kamu telah berhasil mengembalikan Stock recovery smartphone Zenfone Max milik kamu.

Selesai sudah misi kita hari ini untuk melakukan Unroot dan mengembalikan recovery asli pada smartphone Asus Zenfone max milik kita. Jika sobat wd-kira memiliki pertanyaan seputar postingan Cara Unroot dan mengembalikan recovery asli, silahkan sampaikan komentar pada kolom yang tersedia. Terimakasih dan sampai jumpa pada tutorial berikutnya.

Regard

Widianto Hendro

1 comments :

gan ane mau tanya ko setelah proses flashing kernel beta dan boot50 selesai lalu pasang twrp dan root paket data saya tidak bisa on ya off terus

minta bantuan nya ya gan

1. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan apa yang dibahas diatas
2. Jangan pernah menaruh Link Aktif
Emoticon Emoticon