Cara Root dan Pasang TWRP Zenfone Max Lollipop 100% Work

Posting kali ini kita akan membahas tentang cara root Asus Zenfone Max ZC550KL (Z010D) Lollipop dan juga marshmallow. Sebenarnya ini adalah sebuah tutorial tentang Hasil eksperimen tentang bagaimana cara melakukan root Asus Zenfone Max ZC550KL (Z010D) dengan cara yang paling mudah dan simple. Mengapa Wd-kira menyebut tutorial Cara Root Asus Zenfone Max ZC550KL (Z010D) ini dengan cara paling mudah? Karena selama beberapa hari terakhir, wd-kira telah melakukan beberapa percobaan dari beberapa metode root untuk Asus Zenfone Max ZC550KL (Z010D), dan ternyata banyak sekali cara yang dibagikan oleh beberapa situs di internet, namun saat di coba atau di praktekkan ternyata saat ini sudah tidak dapat digunakan dan sudah tidak berhasil untuk melakukan rooting.

Seperti yang kita tau bahwasanya Asus Zenfone Max ZC550KL (Z010D) sebenarya dibekali dengan sistim operasi Android Lollipop dan kemudian mendapatkan upgrade Android Marshmallow 6.0.1. Nah pada kesempatan kali ini wd-kira ingin membagikan cara melakukan rooting Smartphone Asus Zenfone Max ZC550KL (Z010D) pada android Lollipop dan juga marshmallow. Namun ternyata tutorial untuk keduanya akan terlalu panjang jika dijadikan satu posting. Oleh karena itu, kali ini wd-kira akan membagikan cara melakukan root Asus Zenfone Max ZC550KL (Z010D) pada android Lollipop terlebuh dahulu.
how to Root Zenfone Max Lollipop wd-kira
Seperti biasa, untuk melakukan root pada smartphone Asus Zenfone Max ZC550KL (Z010D) kita tetap membutuhkan PC atau laptop/Komputer, karena memang untuk saat ini semua smartphone dengan sistim operasi android Kitkat, Lollipop dan juga Marshmallow dan tingkat versi android yang lebih tinggi, telah dilengkapi dengan system keamanan yang cukup ketat, sehingga kita harus menggunakan PC/Laptop atau computer untuk melakukan rooting. Jadi jangan mengeluh karena ribet atau sejenisnya.

Sebelum melangkah ke tahap cara melakukan root pada samartphone Asus Zenfone Max ZC550KL (Z010D) posisi Android Lollipop, kita harus mempunyai beberapa alat dan bahan, oleh karena itu kita harus menyiapkanya terlebih dahulu.
Apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan Root Asus Zenfone Max Lollipop ?
1. PC, Laptop atau Komputer
2. Kabel data Micro USB (Usahakan untuk menggunakan kabel Original agar lebih optimal)
3. ADB Driver for Windows
4. Adb Fastboot
5. TWRP
6. Super SU

Setelah alat dan bahan telah terkumpul dan telah kita siapkan, sekarang mari kita melangkah ke tahap atau proses melakukan root. Perlu di ketahui juga tahap singkat yang akan kita lakukan adalah sebagai berikut :

1. Mengaktifkan USB Debugging pada Developer Mode
2. Memasang Driver Adb pada Laptop atau komputer
3. Memasang Custom Recovery (TWRP)
4. Flashing Super SU (Tahap rooting)
5. Selesai

Ke empat langkah diatas adalah tahap singkat atau ringkasan proses yang akan kita lakukan, agar sobat wd-kira tidak bingung dalam melakukan proses rooting. Setelah sobat wd-kira memahami langkah demi langkah yang akan dilakukan, sekarang mari kita mulai prosesnya satu persatu.
Cara Root Asus Zenfone Max ZC550KL (Z010D) Lollipop 100% Work

[Tahap Pertama] Mengaktifkan USB Debugging

Cara untuk mengaktifkan USB Debugging sangatlah mudah, caranya adalah sebagai berikut :

  • masuk ke Pengaturan atau Setelan pada smartphone android milik sobat
  • kemudian scrool ke bagian paling bawah, pilih About, lalu pilih Software Information,
  • Kemudian ketuk delapan kali pada Build Number atau Nomor bentukan sehingga muncul tulisan popup (Toast) berupa teks yang berisi (Anda adalah seorang pengembang)
  • Silahkan kembali ke halaman pengaturan atau Settings, maka sobat wd-kira akan menemukan pilihan Developer Option. 
  • Silahkan ketuk pada Developer Option, dan aktifkan fitur USB Debugging.
Agar lebih mudah dipahami, silahkan baca dan pahami tutorial cara mengaktifkan USB Debugging pada Android

[Tahap Ke dua] Memasang Driver Adb pada Komputer

Memasang driver adb pada computer bertujuan agar smartphone kita dikenali oleh computer, olehkarena itu, jangan lupa hubungkan smartphone kita ke Laptop atau computer, lalu jalankan file Driver Adb Installer yang telah kalian download tadi, lalu klik tombol Install hinga perangkat kamu berhasil dikenali oleh computer yang ditandai dengan tanda Ceklis (Centang).
Istall Adb Driver wd-kira

[Tahap Ke Tiga] Memasang Custom Recovery (TWRP)

Untuk memasang Custom Recovery, kita harus melalui beberapa tahap yang harus kita lakukan menggunakan PC, laptop atau computer. Tahap atau langkah-langkahnya dalah sebagai berikut :
Pada Laptop / computer

  • Copy file Super SU kedalam memory card hape atau smartphone
  • Extract file ADB Fastboot dan pindahkan file TWRP ke dalam folder ADB Fastboot

Sekarang kita berpindah Pada Smartphone
  • Masuk ke Mode Fastboot atau CSC Mode dengan cara, Matikan atau Power off smartphone kamu, lalu nyalakan dengan cara tekan dan tahan tombol Volume Up lalu tekan juga tombol power, hingga smartphone kamu bergetar dan menyala pada mode csc mode.
  • Setelah berhasil masuk ke CSC mode sekarang hubungkan smartphone kamu ke Laptop / Komputer dengan menggunakan Kabel USB
Mari kita kembali Pada Laptop / Komputer
  • Tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard laptop kamu, lalu klik kanan pada folder adb fastboot tadi, lalu pilih Open Command window here, sehingga muncul halaman Command prompt (CMD)
  • Sekarang, mari kita lakukan test apakah smartphone kamu telah benar benar tehubung dan dikenali oleh computer atau laptop. Pada halaman Command prompt tadi, silahkan ketik perintah “fastboot devices” lalu tekan tombol enter. Jika pada halaman CMD menampilkan serial number perangkat android, berarti smartphone kamu telah terdeteksi oleh computer.
  • Sekarang mari kita lakukan tahap pemasangan Custom recovery dengan cara flash melalui command prompt yaitu dengan cara ketik fastboot flash recovery TWRP3.0.2-0.img lalu tekan Tombol enter pada keyboard computer
  • Tunggu hingga proses selesai lalu cabut kabel data dari smartphone kamu
Kembali ke Smartphone
  • Tekan dan tahan tombol volume down lalu tekan dan tahan juga tombol power dan jika smartphone kamu mati, langsung lepaskan kedua tombol tersebut.
  • Nyalakan kembali smartphone kamu dengan cara tekan dan tahan tombol volume down dan tombol power secara bersamaan. Jika smartphone telah menyala dan menampilkan logo asus, lepaskan kedua tombol tersebut sehingga smartphone kamu masuk ke TWRP atau custom recovery.
Sampai tahap ini, proses pemasangan TWRP telah selesai, dan sekarang mari kita masuk ke tahap Flashing Super SU (Tahap rooting)

[Tahap ke Empat] Flashing SuperSU (Proses Root)

  • Pastikan smartphone kamu masih masuk mode Recovery atau TWRP, lalu pada halaman TWRP tersebut, silahkan pilih Install, kemudian pilih file SuperSU yang telah kamu taruh didalam momory card smartphone tadi kemudian geser tombol install ke kanan.
  • Tunggu hingga proses pemasangan Super su atau Proses rooting selesai.
  • Jika proses pemasangan super SU atau proses rooting telah selesai, selanjutnya, silahkan reboot dan nyalakan smartphone kamu seperti biasa.

[Tahap ke Lima] Selesai

  • Selesai.
Pada sampai tahap ini, proses rooting Smartphone Asus Zenfone Max kamu telah selesai. Nah untuk melakukan  pengecekan apakah smartphone Zenfone Max kamu benar-benar telah berhasil ter-root, kamu dapat mengeceknya dengan bantuan aplikasi Cpu-Z.

Demikian adalah proses untuk melakukan root pada smartphone ASUS Zenfone Max Lollipop. Jika sobat wd-kira ingin melakukan root pada Zenfone Max Android Marshmallow, silahkan baca tutorial Cara Root Zenfone Max Marshmallow tanpa Unlock Bootloader.

Cukup sampai disini tutorial kali ini mengenai cara root Asus Zenfone Max Lillipop, sampai jumpa pada tutorial berikutnya.

8 comments

untuk Mengembalikan Stock Recovery Bawwan gmn?

Sudah ane coba ke zenmax ane dan berhasil, thanks gan tutornya sangat membantu skali

klo failed pas instal twrp ada solusi?

bos bantu ak....punya ku masuk tahap 2 gak bisa

bro pas tahap 3 itu gimana sih penjelesan nya,,file nya di copy ke microsd terus di masukin ke asus smartphone nya? terus file tersebut di tahap keberapa di proses nya? kalo ada buat tutorial video nya bro

Gan,ane pernah coba metode laen,tp kenapa saat fastboot mode,kok zenfone max ane gak ke detect,ga keluar serial numbernya. Ane mau coba metode agan,tp zenfone max ane udah marshmallow 6.0.1

Zenfone max tidak terdeteksi di PC disebabkan karena driver usb yang belum terpasang gan.

apabila zenfone max punya agan sudah menggunakan android marshmallow dan agan mau menggunakan metode saya, silahkan baca tutorial Cara Pasang TWRP pada Zenfone Max marshmallow

alhamdulillah berhasil.. thx tutornya

1. Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan apa yang dibahas diatas
2. Jangan pernah menaruh Link Aktif
Emoticon Emoticon